Copernicus,
Tycho Brahe, Galileo dan Kepler adalah peletak dasar astronomi modern.
Copernicus adalah seorang biarawan (Katolik). Galileo adalah juga seorang
Kristen (Katolik) yang sungguh-sungguh walaupun pernah ada masalah soal
"Teori Heliosentris versus Teori Geosentris". Kepler telah
mendapatkan rumus-rumus yang masih dipakai sampai sekarang untuk meramalkan
gerakan planet-planet. Kepler mula-mula belajar teologi. Tetapi setelah 2 tahun
ia pindah jurusan dan mempelajari astronomi. Pengaruh studi teologinya besar
dalam pernyataan- pernyataannya dibidang astronomi. Ia berkata bahwa ia selalu
berusaha memikirkan "Pikiran Allah" ("thinking God's thoughts
after Him"). Ia percaya secara harafiah Kitab Kejadian 1,2 mengenai
Penciptaan alam semesta dalam waktu enam hari. Dalam salah satu bukunya ia
menulis : "Since we astronomers are priests of the highest God in regard
to the book of nature, it befit us to be thoughtful, not of the glory of our
own minds, but rather, above all else, of the glory of God."( Terjemahan
bebasnya adalah sbb : "Karena kami, ahli astronomi adalah imam Allah yang
Maha Tinggi tentang buku alam semesta, sepatutnyalah kami memuliakan Allah, dan
bukan pikiran kami sendiri".).
2. FRANCIS BACON (1561-1626)
Bacon
peletak dasar "metode ilmiah" modern yang pertama. Ia tekankan
percobaan (experiments) dan metode induksi. Hal ini berlawanan dengan metode
deduksi Aristoteles. Bacon percaya betul akan Alkitab. Ia menulis :"There
are two books laid before us to study, to prevent our falling into error ;
first, the volume of the Scriptures, which reveal the will of God ; then the
volume of the Creatures, which express His power."("Dihadapan kita
ada dua buku yang harus kita pelajari, untuk mencegah kita jatuh dalam
kesalahan ; pertama Alkitab, yang menunjukkan kehendak Allah ; lalu buku alam
semesta, yang menunjukkan KuasaNya.")
3. LOUIS AGASSIZ (1807-1873)
Agassiz
adalah seorang akhli biologi (palaentology) dan akhli geologi yang kenamaan.
Pada tahun 1860, satu tahun setelah Darwin menulis bukunya : "On the
origin of species", Agassiz telah menunjukkan sifat spekulatip dari buku
Darwin. Data yang betul-betul ilmiah tidak mendukung teori evolusi. Sepanjang
hidupnya Agassiz menentang teori evolusi.
4. WERNHER VON
BRAUN (1912-1977).
Von Braun mengembangkan rocket V-2
sewaktu perang dunia ke-II. Pada tahun 1945 ia beremigrasi ke-Amerika Serikat.
Pada tahun 1960 ia menjadi direktur NASA. Ia sangat berjasa akan kemajuan
Amerika Serikat dibidang satelit dan teknologi ruang angkasa.Von Braun adalah
anggota gereja Lutheran yang aktip. Ia menulis :"Manned space flight is an
amazing achievement, but it has opened for mankind thus far only a tiny door
for viewing the awesome reaches of space. An outlook through this peephole at
the vast mysteries of the universe should only confirm our belief in the
certainty of its Creator. I find it as difficult to understand a scientist who
does not acknowledge the presence of a superior rationality behind the
existence of the universe as it is to comprehend a theologian who would deny
the advances of science."("Penerbangan ruang angkasa yang berawak
adalah suatu prestasi yang menakjubkan, tetapi sampai sekarang ia hanya membuka
pintu yang kecil untuk melihat ruang angkasa yang sangat luas. Suatu pengamatan
dari lubang intip ini, seharusnya meneguhkan iman kita akan kepastian ada nya
Penciptanya. Saya merasa sama sulitnya untuk mengerti seorang ilmuwan yang
tidak mengakui adanya Allah yang Maha Tahu dibelakang alam semesta ini, seperti
seorang teolog yang menyangkal adanya kema juan dalam ilmu pengetahuan alam.)
5. THALES (Yunani, 624-546 SM)
Thales
adalah seorang ahli filsafat. Pada zamannya seorang ahli filsafat mempelajari
matematika, astronomi, fisika dan ilmu pengetahuan alam. Thales lahir di Yunani
kemudian pergi ke Mesir untuk belajar. Ia mengukur tinggi piramida dengan
menggunakan pengertian kesebangunan dan meramalkan waktu peredaran matahari.
Tak heran jika ia disebut sebagai Bapak Awal Ilmu Matematika dan Astronomi.
Dalam sebuah cerita, di suatu malam ia berjalan sambil menatap bintang di
langit. Tiba-tiba ia terperosok masuk selokan. Seorang wanita budak yang sudah
tua melihat kejadian itu berkata kepadanya, "Tuanku, bila anda tidak dapat
melihat jalan bagaimana anda dapat menceritakan sesuatu tentang
bintang-bintang?"
6. PHYTAGORAS (Yunani, 582-493 SM)
Meskipun Phytagoras adalah seorang
ahli filsafat namun ia juga mempelajari musik dan ilmu-ilmu lain. Ia lahir di
Yunani dan kemudian ke Mesir dan Babylonia untuk belajar.Phytagoras terkenal
dengan dalilnya yang menerangkan bahwa dalam suatu segitiga siku-siku, kuadrat
sisi miring sama dengan jumlah kuadrat sisi-sisi lainnya. Segitiga siku-siku
yang sisi-sisinya berbanding 3 : 4 : 5 merupakan dasar dari dalil matematika
untuk perhitungan sudut-sudut dalam segitiga a2 + b2 = c2 dan pertama kali
digunakan oleh para perentang tali di Mesir untuk tanah dengan tali-tali
bersimpul. Menurut hikayat, ia menemukan dalil itu ketika ia sedang mengamati
susunan lantai bersegitiga di rumah salah seorang temannya.
Di lain cerita, ketika ia sedang melewati bengkel pandai besi ia mendapat ide dari berbagai jenis suara yang dihasilkan oleh pukulan martil. Bahwa semakin pendek pegangan martil semakin tinggi frekuensi nada yang dihasilkan. Dengan menggunakan ide ini ia menciptakan jenis-jenis kecapi dan seruling.
Di lain cerita, ketika ia sedang melewati bengkel pandai besi ia mendapat ide dari berbagai jenis suara yang dihasilkan oleh pukulan martil. Bahwa semakin pendek pegangan martil semakin tinggi frekuensi nada yang dihasilkan. Dengan menggunakan ide ini ia menciptakan jenis-jenis kecapi dan seruling.
7. EUCLIDES (Yunani, Kira-kira 300 SM)
Euclides menulis 13 jilid buku tentang
geometri. Dalam buku-bukunya ia menyatakan aksioma (pernyataan-pernyataan
sederhana) dan membangun semua dalil tentang geometri berdasarkan aksioma-aksioma
tersebut. Contoh dari aksioma Euclides adalah, "Ada satu dan hanya satu
garis lurus garis lurus, di mana garis lurus tersebut melewati dua titik".
Buku-buku karangannya menjadi hasil karya yang sangat penting dan menjadi acuan
dalam pembelajaran Ilmu Geometri.
Bagi Euclides, matematika itu penting sebagai bahan studi dan bukan sekedar alat untuk mencari nafkah. Ketika ia memberi kuliah geometri pada raja, baginda bertanya, "Tak adakah cara yang lebih mudah bagi saya untuk mengerti dalam mempelajari geometri?". Euclides menjawab, "Bagi raja tak ada jalan yang mudah untuk mengerti geometri. Setiap orang harus berpikir ke depan tentang dirinya apabila ia sedang belajar".
Bagi Euclides, matematika itu penting sebagai bahan studi dan bukan sekedar alat untuk mencari nafkah. Ketika ia memberi kuliah geometri pada raja, baginda bertanya, "Tak adakah cara yang lebih mudah bagi saya untuk mengerti dalam mempelajari geometri?". Euclides menjawab, "Bagi raja tak ada jalan yang mudah untuk mengerti geometri. Setiap orang harus berpikir ke depan tentang dirinya apabila ia sedang belajar".
8. ARCHIMEDES (Yunani, 287-212 SM)
Archimedes mempelajari matematika,
fisika dan membuat banyak penemuan. Ia menemukan prinsip tuas yang dapat
menggerakkan benda berat hanya dengan sedikit usaha. Ia memperagakan prinsip
ini dengan menggerakkan kapal dengan memakai tuas. Eucildes pun berkata,
"Bila saya diberi sebuah tuas yang cukup panjang dan titik penumpu, saya
dapat menggerakkan bumi".
Euclides menggunakan pengetahuan tentang kepadatan untuk menemukan bahwa mahkota yang dibuat untuk raja tak dibuat dengan emas murni. Ia juga mempelajari lingkaran dan menemukan rumus untuk keliling lingkaran (2πr) dan luas lingkaran (πr^2).
Dalam hikayat ketika Archimedes sudah tua, Yunani dikalahkan oleh Romawi. Sewaktu serdadu musuh masuk ke dalam rumahnya dan di kamar ia sedang mempelajari sebuah lingkaran yang digambarnya di lantai, ia berteriak, "Jangan injak lingkaran saya!" Tapi serdadu itu tak memperdulikan teriakan Archimedes malah menikammya sampai mati.
Euclides menggunakan pengetahuan tentang kepadatan untuk menemukan bahwa mahkota yang dibuat untuk raja tak dibuat dengan emas murni. Ia juga mempelajari lingkaran dan menemukan rumus untuk keliling lingkaran (2πr) dan luas lingkaran (πr^2).
Dalam hikayat ketika Archimedes sudah tua, Yunani dikalahkan oleh Romawi. Sewaktu serdadu musuh masuk ke dalam rumahnya dan di kamar ia sedang mempelajari sebuah lingkaran yang digambarnya di lantai, ia berteriak, "Jangan injak lingkaran saya!" Tapi serdadu itu tak memperdulikan teriakan Archimedes malah menikammya sampai mati.
9. ALI BIN ABI THALIB (Arab Saudi, 658-695 Masehi)
Sejak kecil Ali bin Abi Thalib menyukai berbagai ilmu dan ikut dengan Nabi Muhammad SAW. Kelak Ali dinikahkan dengan putri Rasul, Fatimah R.A. dan hidup dalam kesederhanaan yang teramat sangat. Meskipun hidup dalam kesederhanaan Ali tidak surut dalam mencari ilmu pengetahuan, tak heran bila Rasul pernah bersabda, "Apabila aku kota ilmu maka Ali adalah gerbangnya".
Ketika awal lambang bilangan dalam matematika menggunakan huruf-huruf seperti yang pernah diajarkan oleh bangsa Romawi tergolong rumit, Ali mempopulerkan lambang bilangan dalam huruf Arab dengan angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 dan 0. Ali juga yang menyederhanakan penulisan lambang bilangan Romawi di mana sepuluh dengan "X", seratus dengan "C", seribu dengan "M" dan seterusnya dipermudah dengan menambahkan angka nol di belakang angka puluhan, ribuan dan satuan dengan bilangan 10, 100, 1000 dan seterusnya, di mana angka "0" dalam bilangan Arab diwakili dengan titik.
10. LEONARDI DA VINCI (Italia, 1452-1519)
Sejak kecil Leonardi Da Vinci telah memperlihatkan kemampuan khusus dalam bidang matematika, musik, seni lukis dan bidang-bidang lain. Secara khusus ia mencintai lukisan dan mengikuti pelajaran tentang seni. Sebagai pelukis dan pemahat ia banyak menghasilkan karya agung, salah satunya yang terkenal adalah lukisan Monalisa. Sebagai sebagai arsitek terkemuka ia juga banyak meninggalkan karya-karya besar dan monumental.
Leonardo Da Vinci juga mempelajari geometri dan menggunakan metode membuat bagian-bagian pokok suatu lukisan jatuh di atas segitiga khayal. Metode ini disebut komposisi piramida. Untuk melukis gambar ruang pada kanvas datar ia menggunakan metode semua garis sejajar yang horizontal kelihatan menuju titik tertentu. Metode ini dikenal dengan nama perspektif. Contoh lukisannya yang menggunakan metode ini adalah lukisan Perjamuan Malam Terakhir.
11. COPERNICUS (Polandia, 1473-1543)
Copernicus mempelajari astronomi, matematika, fisika, ilmu hukum dan kedokteran. Pada zamannya secara umum orang percaya bahwa matahari, bulan dan bintang bergerak mengelilingi bumi karena saat itu bumi dianggap sebgai pusat tata surya. Akan tetapi Copernicus yakin bahwa pusat alam semesta bukanlah bumi, melainkan matahari di mana seluruh benda-benda langit berputar mengelilingi matahari. Pikiran Copernicus ini menentang filsafat tradisional dan agama.
Teorinya yang terkenal dikemukakan dalam bukunya yang berjudul "Perputaran Benda-Benda Langit". Di mana pada waktu itu ia takut menerbitkan bukunya karena adanya ancaman hukuman mati dari pihak gereja terhadap doktrin keilmuan yang menentang dogma-dogma yang dikeluarkan pihak gereja. Hanya karena desakan rekan-rekannya Copernicus setuju untuk menerbitkan buku itu sepenuhnya. Tetapi sayang, buku itu baru dicetak setelah pengarangnya meninggal dunia.
12. GALILEO GALILEI (Italia, 1564-1642)
Galileo mempelajari matematika, fisika
dan astronomi. Dulu orang percaya bahwa kecepatan benda jatuh tergantung pada
bobot benda yang dijatuhkan tersebut. Dalam teori tersebut disebutkan bahwa
jatuhnya benda yang lebih berat akan lebih cepat daripada benda yang lebih
ringan. Galileo membantah teori tersebut dengan dasar keyakinan bahwa kecepatan
jatuhnya sebuah benda tidak tergantung pada bobotnya. Ia membuktikannya dengan
menjatuhkan dua buah logam yang satu lebih berat dari yang lain dari atas
Menara Pisa yang miring. Biarpun pada saat ini setiap orang menyetujui teorinya
adalah benar, namun pada zamannya teori dengan pembuktiannya itu diterima orang
dengan keheranan yang besar.
Sewaktu-waktu ketika ia sedang mengamati tempat lilin yang berayun-ayun di gereja, ia mencatat bahwa berapapun jauhnya benda itu berayun ke samping, waktu yang diperlukan untuk setiap 1 gerakan bolak-balik (1 getaran) adalah sama. Di kemudian hari ia menemukan bahwa hukum ini adalah suatu hal yang umum yang akhirnya hukum ini disebut dengan hukum isokhronisme suatu bandul.
Di akhir hidupnya Galileo Galilei dijatuhi hukuman mati oleh gereja karena mendukung ide Copernicus yakni bumi berputar mengelilingi matahari.
Sewaktu-waktu ketika ia sedang mengamati tempat lilin yang berayun-ayun di gereja, ia mencatat bahwa berapapun jauhnya benda itu berayun ke samping, waktu yang diperlukan untuk setiap 1 gerakan bolak-balik (1 getaran) adalah sama. Di kemudian hari ia menemukan bahwa hukum ini adalah suatu hal yang umum yang akhirnya hukum ini disebut dengan hukum isokhronisme suatu bandul.
Di akhir hidupnya Galileo Galilei dijatuhi hukuman mati oleh gereja karena mendukung ide Copernicus yakni bumi berputar mengelilingi matahari.
13. RENE DESCARTES (Perancis, 1596-1650)
Descartes mempelajari Matematika, Fisika, Politik
dan Filsafat. Ia adalah orang yang pertama kali menggunakan sistem dua atau
tiga bilangan seperti (A, B) atau (A, B, C) sebagai koordinat untuk
menggambarkan titik-titik pada suatu bidang atau dalam ruang. Dengan cara ini
pernyataan-pernyataan mengenai gambar-gambar dalam geometri tentang titik yang
dijabarkan oleh Euclides dapat diterjemahkan menjadi pernyataan-pernyataan yang
menyangkut bilangan.
Menurut hikayat, Descartes mendapat ide itu ketika sedang terbaring sakit di tempat tidur. Ia mengamati laba-laba yang berjalan di langit-langit dan kemudian turun dengan benangnya. Hal ini memberikan ide kepadanya untuk menyatakan titik-titik dalam ruangan dengan (A, B, C).
Ia juga orang pertama kali yang menggunakan huruf-huruf abjad seperti a, b, c, ... , x, y, z untuk mewakili bilangan-bilangan. Ia pula orang pertama kali yang mengemukakan ide tentang bilangan negatif.
Menurut hikayat, Descartes mendapat ide itu ketika sedang terbaring sakit di tempat tidur. Ia mengamati laba-laba yang berjalan di langit-langit dan kemudian turun dengan benangnya. Hal ini memberikan ide kepadanya untuk menyatakan titik-titik dalam ruangan dengan (A, B, C).
Ia juga orang pertama kali yang menggunakan huruf-huruf abjad seperti a, b, c, ... , x, y, z untuk mewakili bilangan-bilangan. Ia pula orang pertama kali yang mengemukakan ide tentang bilangan negatif.
14. BLAISE PASCAL (Perancis, 1623-1662)
Saat berusia 12 tahun tanpa memperoleh bantuan orang lain ia menemukan bahwa jumlah semua sudut-sudut pada suatu segitiga selalu 180º. Ia memperlihatkan hal tersebut kepada ayahnya dan menerangkannya dengan jelas. Ayahnya demikian tertegun sampai akhirnya mengizinkan anaknya terus belajar matematika dengan bebas. Di saat berusia 19 tahun Pascal sudah menemukan suatu mesin hitung yang menggunakan roda-roda gigi. Dalam bidang fisika ia menemukan prinsip tentang tekanan dalam zat cair yang kemudian prinsip ini diabadikan sesuai dengan namanya. Ia juga meninggalkan suatu ungkapan yang terkenal, "Manusia adalah lalang yang lemah, akan tetapi ia adalah lalang yang berpikir".
15. SEKI TAKAKAZU (Jepang, 1642-1708)
Matematika bangsa Jepang ini sebut Wasan. Sampai saat matematika Barat diperkenalkan di Jepang menjelang akhir abad ke-19, Wasan-lah yang lebih dahulu populer di Jepang. Seki Takakazu adalah salah seorang dari pengajar Wasan yang terkenal.
16. ISAAC NEWTON
(Perancis, 1642-1727)
Isaac Newton adalah salah seorang di
antara ahli matematika besar dan juga mempelajari fisika. Ia menemukan hukum
gravitasi dan menyimpulkan teori bahwa gravitasi adalah gaya tarik suatu benda
terhadap benda lainnya. Semakin jauh jarak antara dua benda semakin lemahlah
gaya gravitasi di antara kedua benda tersebut. Gerak bulan mengelilingi bumi
dapat diterangkan dengan hukum gravitasi ini.
Newton juga menemukan hukum gerak yang merupakan dasar dinamika. Ia tertarik dengan astronomi dan menemukan suatu jenis teleskop pemantul yang akhirnya diabadikan dengan namanya.
Newton juga menemukan hukum gerak yang merupakan dasar dinamika. Ia tertarik dengan astronomi dan menemukan suatu jenis teleskop pemantul yang akhirnya diabadikan dengan namanya.
17. GOTTFRIED WILHELM LEIBNIZ (Jerman, 1646-1716)
Ayah
Gottfried Wilhelm Leibniz adalah seorang guru besar di sebuah universitas
tetapi meninggal ketika Leibniz menginjak usia 6 tahun. Sejak saat itu Leibniz
muda belajar sendiri dan dibantu dengan bimbingan ibunya. Belajar sendiri
membuat Leibniz bebas dari cara berpikir tradisional.
Ia dan Newton merumuskan pengertian dasar tentang "kalkulus differensial". Masing-masing menyatakan bahwa dirinyalah yang mula-mula memikirkan hal tersebut. Untuk memutuskan siapa sebenarnya yang pertama merumuskannya mereka saling mengajukan soal-soal kalkulus. Hal ini dikenal sebagai perang matematika antara Leibniz dengan Newton. Akhirnya mereka menyadari bahwa mereka masing-masing menggunakan pikiran mereka sendiri-sendiri, dan perumusan dasar tentang "kalkulus differensial" tersebut adalah kebetulan sama. Leibniz juga menemukan suatu jenis mesin hitung.
Ia dan Newton merumuskan pengertian dasar tentang "kalkulus differensial". Masing-masing menyatakan bahwa dirinyalah yang mula-mula memikirkan hal tersebut. Untuk memutuskan siapa sebenarnya yang pertama merumuskannya mereka saling mengajukan soal-soal kalkulus. Hal ini dikenal sebagai perang matematika antara Leibniz dengan Newton. Akhirnya mereka menyadari bahwa mereka masing-masing menggunakan pikiran mereka sendiri-sendiri, dan perumusan dasar tentang "kalkulus differensial" tersebut adalah kebetulan sama. Leibniz juga menemukan suatu jenis mesin hitung.
Ino
Tadataka adalah anak seorang petani dari golongan kelas sosial yang rendah. Ia
tidak mendapat pendidikan formal tetapi belajar sendiri. Ketika berusia 18
tahun ia diangkat menjadi seorang anak oleh seorang saudagar dan harus berhenti
belajar demi untuk bekerja. Ketika berusia 45 tahun saudagar tersebut
membiarkan Ino mengurus urusan rumah tangganya sehingga Ino mempunyai waktu
untuk menyelesaikanpelajarannyadibawahbimbinganseorangpembimbing.
Pada waktu itu ia mempelajari astronomi, matematika, sejarah dan pengukuran tanah. Ketika berusia 55 tahun ia mendapat izin dari pemerintahan Jepang untuk mengukur bagian Utara Jepang. Ia tak henti-hentinya mengumpulkan informasi untuk membuat peta-peta seluruh negara sampai saat meninggalnya. Sampai akhir abad ke-19 peta-peta yang dibuat oleh Ino digunakan sebagai dasar peta-peta administrasi pemerintah Jepang.
Pada waktu itu ia mempelajari astronomi, matematika, sejarah dan pengukuran tanah. Ketika berusia 55 tahun ia mendapat izin dari pemerintahan Jepang untuk mengukur bagian Utara Jepang. Ia tak henti-hentinya mengumpulkan informasi untuk membuat peta-peta seluruh negara sampai saat meninggalnya. Sampai akhir abad ke-19 peta-peta yang dibuat oleh Ino digunakan sebagai dasar peta-peta administrasi pemerintah Jepang.
19. JOHAN GAUSS (Jerman, 1777-1885)
Menurut hikayat, Johann Gauss adalah seorang jenius dalam aritmetika. Ketika ia berusia 9 tahun seorang guru menyuruh murid-murid di kelasnya untuk menjumlahkan deretan bilangan 1 + 2 + 3 + ... + 40. Gauss hanya memerlukan waktu beberapa saat saja tanpa menuliskan sesuatu apapun untuk memperoleh jawabannya yaitu 820. Ia mendapat jawaban dalam otaknya dengan menyadari bahwa jumlah itu dapat dipikirkan penyelesaiannya sebagai berikut: (1 = 40) + (2 + 39) + ... + (20 + 21) = 41 + 41 +...+41=41X20=820.
Ayah Gaus hanyalah seorang tukang batu dan tak sanggup memberikan pendidikan universitas kepadanya. Tetapi raja tertegun akan kemampuan Gauss muda dan raja bersedia membiayai pendidikannya. Kelak Gauss menjadi salah satu ahli matematika terkemuka di dunia. Ia juga banyak meninggalkan hasil karyanya dalam bidang astronomi, pengukuran tanah dan elektromagnetisme.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar